Sunday 20 July 2008

info Artikel 2


GSM VS CDMA

Dalam layanan seluler terdapat beberapa teknologi jaringan komunikasi data, seperti Global System for Mobile Communications (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA). GSM Association adalah organisasi internasional yang didirikan tahun 1987, digunakan untuk penyediaan, pengembangan dan penampilan standard wireless dunia. Sedangkan CDMA adalah standard wireless yang didesain oleh Qualcomm di U.S, yang menjadi standard jaringan yang mendominasi Amerika Utara dan negara-negara Asia.

Cakupan jaringan. Hal ini bergantung pada ponsel yang digunakan. Dalam suatu area tertentu, mungkin hanya GSM yang berfungsi, atau CDMA saja yang berfungsi, atau keduanya.

Kecepatan transfer data. CDMA pada umumnya memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada GSM, bukan hanya untuk panggilan telepon, tetapi terutama untuk streaming video, dan email. Keduanya juga mampu mendukung teknologi 3G.

Subscriber Identity Module (SIM) card. Dalam penggunaan ponsel GSM, menggunakan SIM card, yang secara instant dapat diaktifkan, ditukar, diganti, dan diupgrade, semua tanpa terjadi intervensi dengan ponsel. Sedangkan CDMA menggunakan R-UIM card, yang memerlukan satu ponsel yang terhubung dengan jaringan R-UIM (Removable User Identity Module) card.

Roaming. GSM memiliki kontrak roaming dengan GSM lain, dan menyediakan area yang luas hingga ke pedalaman, seringkali tidak memakai biaya roaming kepada pelanggan. Untuk jaringan CDMA tidak meng-cover hingga daerah pedalaman sebaik GSM dan CDMA memiliki kontrak dengan GSM untuk roaming di daerah pedalaman atau terpencil, dengan biaya yang dilimpahkan kepada pelanggan dengan angka yang tinggi.

Roaming Internasional. Jika pelanggan ingin melakukan panggilan ke luar negeri, GSM dapat menyediakan roaming internasional, karena pasar jaringan GSM masih mendominasi pasar dunia ponsel. Jika pelanggan traveling ke negara lain, mereka dapat menggunakan ponsel GSM yang menyediakan jaringan quad-band yakni untuk 850/900/1800/1900 MHz. Dengan membeli SIM card dan nomor local dari negara yang dikunjungi, pelanggan dapat membuat panggilan dari SIM card baru untuk menghemat biaya roaming internasional dari SIM card sebelumnya. Sedangkan untuk CDMA tidak memiliki kemampuan tersebut, walaupun banyak negara telah menggunakan jaringan CDMA. Untuk itu, pelanggan harus mengecek penyedia layanan CDMA untuk negara yang dikunjungi.

Berdasarkan CDG.org, salah satu layanan GSM di USA dipegang oleh provider Cingular Wireless yang telah merger dengan AT&T Wireless, dan T-Mobile USA. Sedangkan CDMA dipegang oleh beberapa provider seperti Sprint PCS, Verizon dan Virgin Mobile.

Source:http://www.beritanet.com/Technology/Communication/Handphone-Technology-GSM-CDMA.html

No comments: