SISTEM TRANS JOGJAKARTA
Trans-Jogja adalah sebuah upaya Pemerintah Provinsi DIY untuk meningkatkan pelayanan publik khususnya pada sektor transportasi darat di kawasan perkotaan DIY dengan berbasis bus, mengganti sistem setoran menjadi sistem pembelian pelayanan bus terjadwal dari 06.00 - 22.00 WIB berhenti di halte-halte khusus. Aman, nyaman, andal, terjangkau, dan ramah bagi lingkungan. Bus dilengkapi dengan fasilitas AC dengan kapasitas tempat duduk 22 duduk 19 berdiri. Terdapat 76 shelter yang terdapat disetiap sudut
Penggunaan
Penumpang naik dari halte
· Jika penumpang menggunakan tiket Single Trip, tiket dimasukkan ke mesin tiket dan akan ditelan otomatis
· Jika penumpang menggunakan tiket Reguler, tiket ditap/ditempelkan pada mesin tiket dan pulsa akan berkurang otomatis sesuai tarif :
Ø Reguler Umum Rp 2700 (dua ribu tujuh ratus rupiah)
Ø Reguler Pelajar Rp 2000 (dua ribu rupiah)
· Gate Access akan terbuka dan penumpang menunggu di dalam halte
Proses Transit Antar Halte (khusus pengguna Reguler)
· Penumpang naik dan tap tiket di Gate Access Halte A
· Pulsa tiket berkurang sesuai tarif
· Penumpang turun di Halte B
· Penumpang naik ke bus lain dan tap tiket di Gate Access Halte B (pulsa tiket tidak berkurang jika rentang waktu tap dari Gate Acces Halte A ke Gate Access Halte B tidak lebih dari 60 menit)
Proses Isi Ulang Tiket Reguler/Kartu Langganan
· Penumpang membawa tiket Reguler yang akan diisi ulang ke loket halte bertanda POS/Card Center
· Petugas memeriksa tiket penumpang dan mengisikan pulsa sesuai nominal yang dibeli (Rp 15.000,- , Rp 25.000,- , Rp 50.000,- , dan Rp 100.000,- )
· Tiket Reguler yang sudah diisi ulang pulsa siap digunakan kembali di Gate Access
Kartu Langganan Rusak
1 Penumpang membawa tiket Reguler yang tidak dapat digunakan ke halte yang bertanda POS/Card Center
2 Petugas memeriksa tiket penumpang dan melakukan perbaikan seperlunya
3 Tiket Reguler dapa digunakan kembali oleh penumpang
Informasi tiket
A. Pembelian Tiket
1. TIKET SINGLE TRIP
Tiket sebesar Rp. 3.000,00 untuk setiap perjalanan.
2. Penumpang membeli tiket Single Trip di semua lokasi halte
3. Penumpang menerima tiket Single Trip dan tiket siap digunakan
4. TIKET REGULER UMUM
Tiket sebesar Rp. 2.700,00 untuk setiap perjalanan.
5. Penumpang membeli tiket Regular di halte bertanda POS/Card Center (Dinas Perhubungan Prov. DIY)
6. Penumpang menerima tiket Regular sesuai nominal yang dibeli dan siap digunakan
7. Pilihan nominal pulsa/isi ulang Rp 15.000,- (
8. TIKET REGULER PELAJAR
Tiket sebesar Rp. 2.000,00 untuk setiap perjalanan.
9. Pelajar mendaftar secara kolektif di sekolah
10. Pihak sekolah menghubungi Dinas Perhubungan Provinsi DIY dan petugas akan datang ke sekolah
11. Petugas menyerahkan tiket di sekolah dan tiket siap digunakan
12. Kartu tiket perdana bernilai Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah)
13. Pilihan isi ulang pulsa Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah), Rp 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah), Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah), dan Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah)
B. Lokasi POS (Point of Sales)
1. Halte Bandara Adisucipto
2. Halte Terminal Jombor
3.
4. Halte Terminal Giwangan
5. Halte Senopati
6. Halte Tentara Pelajar SAMSAT
7. Halte Jl. Kaliurang Kopma UGM
8. Halte Sudirman
Setelah memahami sistem trans jogjakarta , penulis memberikan review atas sistem yang telah berjalan yaitu :
Shelter yang dirasakan terlalu kecil,sempit dan tidak menyediakan tempat duduk yang memadai serta tidak ada fasilitas toilet.
Dibeberapa shelter didapati bahwa tata letak dan konfigurasi yang menyulitkan bagi para difabel terutama pada saat masuk shelter dan masuk ke dalam bus.
Komposisi di dalam bus trans jogjakarta yang ber AC dan nyaman dengan 20 tempat duduk dan 19 berdiri ternyata tidak memberikan tempat dan akses yang mudah untuk yang menggunakan kursi roda Jalur trans jogjakarta yang berkisar di dalam wilayah perkotaan saja dan belum menyentuh daerah pinggiran jogjakarta.
Penulis menangkap banyak keraguan dari masyarakat dan apatisme dari kalangan mahasiswa mengenai keefektifan trans jogja. Apabila memang tujuannya untuk mengurangi kesemerawutan kondisi lalu lintas di
Transportasi massal bus way diadaptasi dari keberhasilan
No comments:
Post a Comment